Laju Endap Darah

selasa kemarin dapet hasil Medical Check Up (MCU) dari askes yang kerjasama dengan kantor saya yang dilaksanakan tanggal 21 desember 2008. lumayan gratis trus check up nya lumayan lengkap. pas diliat Alhamdulillah normal semua. untuk gula darah puasa 120 mg/dl..gapapa wes lha wong makan saya mulai rusuh lagi. Mediabetea mulai hari ini saya kurangi jadi seminggu 2 kali aja. soalnya sudah 4 bulan semenjak lepas obat dokter dan gula darah rata2 normal. untuk ginjal juga normal..kolesterol yang agak tinggi 200an..maklum gorengan hampir tiap hari..ikan, cumi, udang juga sering..he..he..harus dikurangi nih makan2an gitu…

semenjak gula darah normal saya mulai bandel lagi dalam makan..emang susah kalo lagi sakit disiplinnya minta ampun..begitu mulai normal mulai dehh…namun ada satu yang belumsaya tahu yaitu Laju Endap Darah. di pemeriksaan nilainya diatas normal yaitu 20..dengan batas normal dibawah 15. saya tanya temen yang dokter katanya mungkin ada infeksi kronis. wahh..kok gitu??

daripada penasaran akhirnya tanya sama mbah gogle..trus didapet ini

Mungkin pada suatu hari anda pernah sekedar mengalami demam menderita penyakit typhus atau demam berdarah yang mengharuskan anda memeriksakan darah ke laboratorium, lalu pada hasilnya anda mendapati kriteria Laju Endap Darah (LED) di situ. Apakah yang dimaksud Laju Endap Darah (LED) itu? Mari kita cermati pembahasan berikut.
Laju endap darah

Laju Endap Darah (LED) atau dalam bahasa inggrisnya Erythrocyte Sedimentation Rate (ESR) merupakan salah satu pemeriksaan rutin untuk darah. Proses pemeriksaan sedimentasi (pengendapan) darah ini diukur dengan memasukkan darah kita ke dalam tabung khusus selama satu jam. Makin banyak sel darah merah yang mengendap maka makin tinggi Laju Endap Darah (LED)-nya.

Tinggi ringannya nilai pada Laju Endap Darah (LED) memang sangat dipengaruhi oleh keadaan tubuh kita, terutama saat terjadi radang. Namun ternyata orang yang anemia, dalam kehamilan dan para lansia pun memiliki nilai Laju Endap Darah yang tinggi. Jadi orang normal pun bisa memiliki Laju Endap Darah tinggi, dan sebaliknya bila Laju Endap Darah normalpun belum tentu tidak ada masalah. Jadi pemeriksaan Laju Endap Darah masih termasuk pemeriksaan penunjang, yang mendukung pemeriksaan fisik dan anamnesis dari sang dokter.

Namun biasanya dokter langsung akan melakukan pemeriksaan tambahan lain, bila nilai Laju Endap Darah di atas normal. Sehinggai mereka tahu apa yang mengakibatkan nilai Laju Endap Darahnya tinggi. Selain untuk pemeriksaan rutin, Laju Endap Darah pun bisa dipergunakan untuk mengecek perkembangan dari suatu penyakit yang dirawat. Bila Laju Endap Darah makin menurun berarti perawatan berlangsung cukup baik, dalam arti lain pengobatan yang diberikan bekerja dengan baik.

Pada kasus dengan keluhan gampang lelah dan pandangan berkunang-berkunang, kemungkinan besar diagnosisnya anemia. Biasanya didukung dengan nilai Hemoglobin (Hb) yang rendah. Untuk penanganannya, anemia harus diidentifikasikan dahulu apakah Hb yang turun akibat dari Zat Besi (Fe) yang turun, atau komponen Hb yang lain yang turun? (Misalnya globin-nya/protennya).

Bila memang Fe-nya yang turun tentunya harus cukup mengkonsumsi tablet besi (Sulfusferrosus). Sekarang bentuknya tablet berbagai ragam. Ada yang disatukan dengan Effervescent, atau dengan Vitamin B, dan sebagainya. Sedangkan bila kadar proteinnya yang turun, tentunya harus konsumsi makanan atau minuman tinggi protein. Ini pun bentuknya sudah beragam, ada yang berbentuk susu, berbentuk minuman bertenaga dan yang paling banyak mungkin berbentuk makanan lauk-pauk sehari-hari.

_____________________________

PEMBAHASAN TEKNIS

Proses pengendapan darah terjadi dalam 3 tahap yaitu tahap pembentukan rouleaux, tahap pengendapan dan tahap pemadatan. Di laboratorium cara untuk memeriksa Laju Endap Darah (LED) yang sering dipakai adalah cara Wintrobe dan cara Weetergren. Pada cara Wintrobe nilai rujukan untuk wanita 0 — 20 mm/jam dan untuk pria 0 — 10 mm/jam, sedang pada cara Westergren nilai rujukan untuk wanita 0 — 15 mm/jam dan untuk pria 0 — 10 mm/jam.
Laju endap darah

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi Laju Endap Darah (LED) adalah faktor eritrosit, faktor plasma dan faktor teknik. Jumlah eritrosit/ul darah yang kurang dari normal, ukuran eritrosit yang lebih besar dari normal dan eritrosit yang mudah beraglutinasi akan menyebabkan Laju Endap Darah (LED) cepat. Walau pun demikian, tidak semua anemia disertai Laju Endap Darah (LED) yang cepat. Pada anemia sel sabit, akantositosis, sferositosis serta poikilositosis berat, laju endap darah tidak cepat, karena pada keadaan-keadaan ini pembentukan rouleaux sukar terjadi. Pada polisitemia dimana jumlah eritrosit/µl darah meningkat, Laju Endap Darah (LED) normal.

Pembentukan rouleaux tergantung dari komposisi protein plasma. Peningkatan kadar fibrinogen dan globulin mempermudah pembentukan roleaux sehingga Laju Endap Darah (LED) cepat sedangkan kadar albumin yang tinggi menyebabkan Laju Endap Darah (LED) lambat.

Laju Endap Darah (LED) terutama mencerminkan perubahan protein plasma yang terjadi pada infeksi akut maupun kronik, proses degenerasi dan penyakit limfoproliferatif. Peningkatan laju endap darah merupakan respons yang tidak
spesifik terhadap kerusakan jaringan dan merupakan petunjuk adanya penyakit.

Bila dilakukan secara berulang laju endap darah dapat dipakai untuk menilai perjalanan penyakit seperti tuberkulosis, demam rematik, artritis dan nefritis. Laju Endap Darah (LED) yang cepat menunjukkan suatu lesi yang aktif, peningkatan Laju Endap Darah (LED) dibandingkan sebelumnya menunjukkan proses yang meluas, sedangkan Laju Endap Darah (LED) yang menurun dibandingkan sebelumnya menunjukkan suatu perbaikan.

Selain pada keadaan patologik, Laju Endap Darah (LED) yang cepat juga dapat dijumpai pada keadaan-keadaan fisiologik seperti pada waktu haid, kehamilan setelah bulan ketiga dan pada orang tua.

Dan akhirnya yang perlu diperhatikan adalah faktor teknik yang dapat menyebabkan kesalahan dalam pemeriksaan Laju Endap Darah (LED). Selama pemeriksaan tabung atau pipet harus tegak lurus; miring dapat menimbulkan kesalahan 30%. Tabung atau pipet tidak boleh digoyang atau bergetar, karena ini akan mempercepat pengendapan. Suhu optimum selama pemeriksaan adalah 20°C, suhu yang tinggi akan mempercepat pengendapan dan sebaliknya suhu yang rendah akan memperlambat. Bila darah yang diperiksa sudah membeku sebagian hasil pemeriksaan laju endap darah akan lebih lambat karena sebagian fibrinogen sudah terpakai dalam pembekuan. Pemeriksaan laju endap darah harus dikerjakan dalam waktu 2 jam setelah pengambilan darah, karena darah yang dibiarkan terlalu lama akan berbentuk sferik sehingga sukar membentuk rouleaux dan hasil pemeriksaan laju endap darah menjadi lebih lambat

sumber : http://www.kalbe.co.id

About these ads

57 comments on “Laju Endap Darah

  1. Saya perempuan berusia 23 tahun. Sekitar 1 bulan yang lalu saya melakukan general check up. ternyata untuk hasil LED saya cukup tinggi, yakni 55. 1 bulan kemudian saya tahu dengan hasilnya..agak heran dan bingung apa yang mnyebabkan LED saya tinggi, padahal saya merasa sehat2 saja. sama sekali tidak ada keluhan. Kemudian untuk meperbaikinya saya konsultasi ke dokter. dokter meminta untuk check lagi. Tetapi LED saya masih tetap tinggi. dokternya pun bingung karena saya pun tidak ada keluhan. Yg saya mau tanyakan bagaimana menurunkan LED??Thanks..

  2. @ ana : apakah anda sudah cek selain LED anda apa ada yag lain yang diatas normal?..coba anda cek satu per satu hasil general check up anda. untuk menurunkan LED saya tidak berani menyarankan obat ataupun herbal kena saya tidak tahu penyebab LED anda tinggi. pada waktu ke dokter apa anda bawa hasil check up anda?atau hanya bilang LED anda tinggi?menurut artikel2 yang saya baca LED tinggi merupakan indikator yang digunakan dokter
    untuk menduga suatu penyakit yang menyebabkan terjadinya peningkatan
    viskositas/kekentalan darah dimana semakin kental darah maka nilai LED
    akan meningkat…
    kekentalan darah/LED dapat meningkat pada keadaan infeksi tertentu
    terutama infeksi yang menyebabkan kadar leukosit/sel darah putih
    meningkat, dan kehaamilan karena pada kehamilan juga terjadi
    peningkatan komponen darah akibat pengaruh hormonal…
    pada kehamilan peningkatan LED adalah normal dan tidak perlu
    diturunkan…tetapi bila peningkatannya sangat tinggi baru
    dipertimbangkan faktor apa yang mempengaruhinya…(http://health.groups.yahoo.com).
    saran saya : coba anda teliti lagi adakah selain LED yang diatas normal di general check up anda?. konsultasikan kepada dokter penyakit dalam atau ahlinya. bila perlu lakukan general check up ulang atau cek darah lainnya yang disarankan dokter.
    sebenarnya saya bukan ahli dalam hal kesehatan hanya seseorang yang mencoba berbagi pengetahuan aja..mohon maaf kalo jawaban saya salah.

  3. selamat siang pak, perkenalkan saya fajar (PNS). saya ingin konsultasi mengenai hasil cek lab darah anak saya.
    anak saya usia 6 bulan, semalem melakukan cek laboratorium darah lengkap dengan hasil sbb :
    Laju Endap Darah : 40
    Hemoglobin : 9,9
    Leukosit : 16.100
    Hematokrit : 30
    Trombosit : 356.000

    Hitung jenis Lekosit
    Basofil : 0
    Eosinofil : 1
    N. Batang : 1
    N. Segmen : 30
    Limfosit : 60
    Monosit : 8

    berhubung konsultasi dokter masih hari jumat, saya ingin mencari referensi mengenai hasil tersebut.(harap maklum anak pertama jd agak kuatir)
    Pertanyaannya :
    1. Secara garis besar gimana kondisi anak saya?
    2. Bila kondisi darah seperti diatas, ada kemungkinan penyakit apa yang diderita anak saya?
    3. Untuk sementara apa yang harus saya lakukan terhadap anak saya?

    sebelumnya terima kasih atas bantuannya..

  4. @ Fajar : selamat siang juga Pak..mohon maaf saya tidak bisa memberi jawaban karena saya bukan ahlinya..saya hanya sharing pengetahuan saja..kalo masalah diabetes mungkin saya bisa bantu..namun menurut saya selama hasil lab. masih diantara batas yang disyaratkan berarti kan gak apa2, yang perlu dicermati hasil yang diatas atau dibawah batas normalnya..kalo bapak mau bisa bergabung dengan milis Sehat di yahoo.groups. disana ada banyak dokter yang bisa bantu menjawab sehingga bisa jadi second opinion.

  5. siang pak,,
    perkenalkan nama saya indah..
    gini pak sya mau ikutan sharing aja mungkin bapak bisa bantu saya, ini masih mengenai LED pak.. jadi gini suami 2 bulan yg lalu suami sy medical check up d prodia jogja.. semua hasil lab nya itu normal pak, tapi LED nya 37, lalu dikasih obat lah sama dokter pemeriksaan kedua 20 kemudian karena turun sama si dokter dikasih lah obat yang sama check berikut nya malah naik 37, kemudian check lagi 45 truss naik sampe d angka 80 truss sekarang turun lagi sampe ke angka 45.. masalahnya gini pak, LED suami saya harus normal kalau tidak dari prodia tidak mau mengeluarkan surat keterangan sehat untuk suami saya .. padahal itu salah satu persyaratan dari perusahaan…. klo surat itu blm keluar ya suami saya belum bisa kerja d perusahaan itu.. padahal kurang satu aja LED… oh my god help me pak,, saya sampe stress dibuatnya….mungkin bapak punya solusi buat kami.. truss saya baca d artikle bapak mengenain ” rimpang jahe merah dapat menurunkan LED ” ini apakah benar klo iya sy bisa dpt dimana pak .. terima kasih

  6. @ indah : ibu..pertama saya mohon maaf karena bukan ahli jadi apa yg saya sampaikan adalah pendapat pribadi…masalah menurunkan LED saya kira banyak obat ataupun suplemen yang dijual di pasaran..tinggal milih aja tentunya setelah berkonsultasi dgn yang ahli, nyatanya dokter pernah ngasih obat dan LED suami ibu turun kan…diatas diterangkan LED tinggi terjadi karena bla bla bla…nah saya kira ibu perlu mencari penyebab LED tinggi bukan mencari cara menurunkan LED..sembuhkan penyebabnya tentu otomatis akan menyembuhkan gejalanya..maksud saya lebih baik ibu dan suami konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk cek lab. lebih dalam..saya tidak tau apa cek lab. yg dilakukan suami ibu apa detail seluruhnya atau cuman garis besarnya saja..dari situ kan akan ketauan penyeban LED tinggi..

    juga hindari pantangan2 untuk orang2 yg LED tinggi..seperti gorengan..saya diberitahu dokter kalopun mau gorengan mending goreng sendiri dengan minyak zaitun..kalo terlalu mahal bisa diganti minyak kelapa (bukan sawit)..biasanya harganya lebih mahal dari minyak sawit..saya pake yg merk B**co
    semoga membantu

  7. saya baru konsul kemarin dengan dokter internist, memang ditemukan LED saya 85 dan beliau bilang harus di cek penyebabnya dengan berbagai test lanjutan. Pertanyaan saya, apa ada obat sementara yang bisa membuat kadar LED lebih turun? karena saya tidak merasakan gejala apa2 dan saya juga tidak diberikan detail hasil test sebelumnya karena untuk keperluaan perusahaan.

  8. saya mau tanya,klo LED sy 27 apa masih dlm batas normal atau sudah tinggi? sementara hasil test urin menunjukan ada samar darah +2,gimana sebaiknya? apakah saya harus menurunkan LED saya?

  9. Siang pak, Usia sy 48 th, Ibu dari 3 putra dan 1 putri. Hari ini Sy baru terima hasil MCU tgl.14 Juli 2009. hasilnya cukup memuaskan dari yg sebelum (3 th yg lalu) kolesterol sy diatas normal sekarang semua normal. hal ini sy yakini kr O.R rutin (aerobic 3 x dlm seminggu). Namun ada hal baru yg muncul dan membuat sy sedikit was2, yakni LED sy 22 alias diatas normal, pada urina terdapat darah samar + serta Eritrosit 4 yg shsrnya <3.. kl baca sepintas indikasi infeksi. Sekitar 4 bl yg lalu sy memang sempet infeksi pencernaan namun telah ditangani dokter dan 2 bl terahir tanpa keluhan apapun. Pertanyaan saya, indikasi apa ya dok???terima kasih atas jawabannya.

  10. setau saya minyak kelapa tidak baik utk kesehatan karena bisa meningkatkan kolesterol jahat…pernah saya jumpai di salah satu swalayan..ada minyak kelapa merk B..karena suhu ac dingin maka minyaknya putih beku..sedangkan minyak lain tidak demikian..memang harganya mahal tapi kualitasnya tidak. Setau saya minyak yg paling bagus zaitun..kalo terlalu mahal bisa diganti dgn minyak canola/jagung..

  11. LED akan terjadi kesalahan bla dimiringkan..
    tpi kenapa dirumah skit ada saja yang memiringkannya??
    tlong berikan alasannya..

  12. mohon maaf..diatas sudah saya sebutkan bahwa saya bukan dokter atau ahli kesehatan, saya sekedar sharing pengalaman jadi apabila ada jawaban yang kurang memuaskan saya minta maaf…

    @ asih : maaf bu kalo nyasar kesini…semoga infonya bisa membantu
    priscilla : mungkin tergantung cara pengolahannya kali bu…contoh VCO merupakan minyak kelapa murni yang dipake buat kesehatan juga.. dokter saya menyarankan menngunakan minyak goreng kelapa (bukan sawit)..seperti B***co untuk kegiatan masak memasak..
    @ ino : mohon maaf saya tidak bisa berkomentar untuk hal tersebut karena keterbatasan pengetahuan saya

  13. Help.. help.. help…. Mohon bantu bacakan hasil lab suami saya., yakni untuk hematologi, 20 Agustus 2009 Hemoglobin 12.3 selanjutnya 11 november 11.6, dan 23 Desember 10.9. apa yang harus diantisipasi.
    Adapun nilai-nilai di luar rentang normal (pada desember), adalah:
    Eritrosit 3.30 (4.40-5.90)
    LED 113.0 (0.0-10.0) seratus tiga belas koma nol
    Eosinofil 0 (1-3)
    SGOT 38 (0-34)
    Ureum darah 19 (20-40)
    Kholesterol total 209 (<200)
    HDL 78 (28-63)

    Terima kasih atas segala bantuan yang diberikan…. (maaf merepotkan)
    apa yang sebaiknya harus dilakukan…

    Salam hormat selalu

  14. Saya ingin bertanya kemarin ibu saya ( usia 50 th ) melakukan test urin dan hasilnya ditemukan ada kandungan darah samar ++, itu maksudnya apa?? dan apa yang harus saya lakukan, ada test apa lagi yang diperlukan??
    seandainya dibawa ke dokter, dokter apa??? cukup dokter umum atau specialis???
    TXU

  15. saya minta maaf kalo telat membalas pertanyaannya
    @ daly : maaf bu saya bukan dokter atau praktisi kesehatan jadi takut salah dalam menjawab…sebaiknya dibawa kespesialis penyakit dalam..dilihat dari LED nya yg sangat tinggi (113.0 (0.0-10.0)….) dan SGOT nya..mungkin ada infeksi di hati.. sekali lagi mohon maaf kalo jawaban saya salah atau kurang berkenan tapi saran saya segera bawa ke dokter
    @ dewi : seperti diatas..saya bukan praktisi kesehatan..jadi bingung kalo mau menjawab…sebaiknya diperiksa ke dokter spesialis penyakit dalam atau yg berhubungan dgn hal tsb..

  16. klo laju endap darah rendah itu gimana??tante saya punya LED rendah..dia kalo capek suka ngerasa kulit di kakinya menebal..itu pengaruh gag?

  17. Mas jaka, istri saya mengeluh pergelangan kaki nya pegel dan kram, serta sering berkunang2 pandangan nya. Setelah periksa ke dokter di sarankan untuk check up. Dari semua item hasil MCU hanya ESR nya yang abnormal di angka 51. Perlu saya ceritakan, bahwa 4bln yang lalu istri saya habis operasi caisar. Dan sekitar dua bulan yang lalu ada endemi cikungunya di daerah saya dan kami sekeluarga kena cikungunya. Kira2 ini kah korelasi nya menurut analisa anda ? Mohon dengan sangat sharing nya. Terimakasih atas sharing nya.

    Salam hangat_ Richard sihombing

  18. mohon maaf pak, saya tidak tahu apa itu ESR…yang saya tau LED. Tinggi ringannya nilai pada Laju Endap Darah (LED) memang sangat dipengaruhi oleh keadaan tubuh kita, terutama saat terjadi radang. Namun ternyata orang yang anemia, dalam kehamilan dan para lansia pun memiliki nilai Laju Endap Darah yang tinggi. Jadi orang normal pun bisa memiliki Laju Endap Darah tinggi, dan sebaliknya bila Laju Endap Darah normalpun belum tentu tidak ada masalah. Jadi pemeriksaan Laju Endap Darah masih termasuk pemeriksaan penunjang, yang mendukung pemeriksaan fisik dan anamnesis dari sang dokter. sebaiknya konsultasikan pada dokter yang menanganinya…dan data2 anda tersebut bisa dijadikan gambaran bagi dokter untuk menyimpulkan kondisi istri anda

  19. mohon maaf, jika ikut memberi pendapat… setahu saya, LED itu tidak dapat berdiri sendiri, harus ditunjang dengan pemeriksaan lain.
    tapi biasanya, jika hasil LED tinggi, ada indikasi infeksi. waktu itu saya pernah LED tinggi dan, hitung jenis lekosit juga tinggi, dan dokter menyarankan untuk melakukan rontgen, dikhawatirkan adanya infeksi organ dalam. dan teryata benar, ada infeksi. jadi jika LED tinggi, tapi hasil lain normal, jangan terlalu panik bahwa ada suatu penyakit dalam tubuh kita, tapi harus dilihat faktor lainnya.
    karena ada kemungkinan adanya kesalahan teknis ataupun pada kondisi pengambilan sampel yang tidak tepat. maaf saya hanya berpendapat apa yang saya tahu…

  20. maaf saya wanita yg 6 bln lalu melahirkan secar,mau brtanya.kmrn sy melakukan cek up ke lab,smuanya dlm batas normal kcuali LED nya tinggi.Hbnya jg normal 12,6 tp kok kulit sy msh sdkt pucat kkuning2an ya.sy blm ktmu dokter lg dan sy jg sdh baca dr tanggapan dan pndapat di atas.brngkali ada yg bs kasi masukan.trimakasih

  21. Saya wanita hamil 8 lbln.19 april 2010 saya melakukan tes lab. di situ disebutkan bhw HB Saya 9.1 dan LED saya 91. bukankah itu jauh di atas normal.. bagaimana caranya agar saya bs menurunkan LED dan menaikkan HB ya?

  22. Adapun kondisi yang memungkin kan adanya LED yang tinggi. karena ada peradangan pada paru2, atau infeksius. bisa juga disebabkan oleh bakteri yang mampu berkembang dengan baik seperti TB (Tubercolusis). Jumlah LED juga dapat meningkat pada saat kehamilan ataupun saat mentruasi. jadi ketika anda ingin melakukan pemeriksaan LED, pastikan anda memberitahukan kepada petugas Laboratorium apabila anda sedang dalam keadaan mentruasi.

    agar dokter mampu memberikan obat yang tepat.

    apabila setelah melakukan pemeriksaan sebanyak 2 -3 kali ternyata hasinya tetap tinggi. Diharapkan anda melakukan pemeriksaan parasit secara mikroskopis, untuk memastikan bahwa tidak ada bakteri yang bersarang tubuh anda,

    apabila hasil test parasit negative, anda coba lakukan test ronsen, untuk memastikan bahwa keadaan paru2 anda, terjadi peradangan atau infeksius.

    Semua Ilmu Datangnya dari ALLAH SWT.

  23. selamat malam…saya mau ikut bertanya untuk hasis sementara anak saya 25 bulan di diagnosa TB paru karena hasil rontgen mengindikasi adanya flek…dan hasil lab saya mau sedikit tanyakan jumlah trombist anak saya mencapai 587000.basofil -, eosinofil -, n.batanag 1. monosit10 dan LED tertulis 112/140….bagaimana cara membaca LEd yang tertulis demikian??? sedangkan rujukan untuk LEd 0-20mm.terimakasih

  24. saya sudah konsultasi ke dokter,tapi tdak di kasih tau pantangan makan’a,saya mempunyai keluhan LED saya 38,dan saya mempunyai kelenjar pada leher saya,apa yang harus saya lakukan dan pantangan makanan pa yang tidak boleh.

  25. mungkin cari second opinion ke dokter lain juga pak…misal Spesialis penyakit dalam…menurut dokter kalo ada pembengkakan kelenjar getah bening di leher kemungkinan ada infeksi..coba dicek apa di tempat lain ada pembengkakan klenjar juga misal di ketiak, pangkal paha..

    mengenai pantangan kan harus disesuaikan penyakitnya pak..tiak bisa dgn hasil LED kemudian harus pantang makan ini itu..LED mungkin hanya salah satu faktor untuk mendeteksi kesehatan seseorang

    sekali lagi saya sarankan agar bapak mencari second opinion terutama ke dokter spesialis penyakit dalam

  26. Saya habir check up dengan hasil sebagai berikut:
    HGB :13,7
    RBC : 4,36 juta
    HCT : 40,5 %
    WPC : 9.600
    MCV : 93
    MCH : 31,3
    MCHC:33,8
    RDW : 12,0
    PLT : 254.000
    hit.jenis : – Lim = 24
    – Mono = 8
    – Neu =66
    – Eos = 2
    – Baso = -
    LED = jam 1 : 100*
    jam 2 :105
    Tiga hari yang lalu saya mengalami demam tinggi, tp hari ke 4 sudah baikan. Yang ingin saya tanyakan, apakah normal dengan hasil lab seperti itu? Sekedar tambahan 3 bulan lalu saya habis melahirkan anak pertama dengan normal. Mohon penjelasannya.. makasih sblmnya..

  27. @ feli :waduh maaf mbak saya bukan dokter dan saya juga tidak bisa cara membaca hasil lab.nya…sebaiknya konsultasi ke dokter yg lebih ahli..saya takut salah berkomentar krn bukan ahlinya..mohon maaf kalo jawaban saya mengecewakan

  28. selamat siang, saya ingin bertanya mengenai hasil lab darah anak saya:
    Hemaglobin : 12.8
    Lekosit : 5600
    L.E.D : 16
    Eritrosit : 5.0
    Hematokrit : 39
    Trombosit : 155
    Basofil : 0
    Eosinofil : 0
    Netrofil : 56
    Limfosit : 27
    Monocyt : 17
    apakah anak saya perlu di rawat?
    anak saya sakit apa y?
    terima kasih

  29. siang..
    nama saya Christy..
    saya butuh banyak info ttng LED krn saya ngambil juduL KTI (karya tulis ilmiah)..
    christy ngambil d3 analis kesehatan..

    Terima kasih..

  30. sebelumya terimakasih atas penjelasan bapak mengenai LED.
    nama saya agan, kebetulan saya mempunyai pembantu yang memiliki LED tinggi. setelah dilakukan cek lab di 2 lab berbeda, hasilnya LED =120-130. dokter yang memeriksa pun kaget. keluhan yang di alaminya adalah tengkuk/ pundak terasa kaku dan pegal dan kedua kakinya bagian bawah engkel bengkak, dan terasa sakit jika diajak berjalan. mudah2an bapak bisa memberikan petunjuk. terimakasih

  31. @ christy: info ttg LED yg saya punya ya yg ada di blog ini..maaf tidak bisa bisa mebantu banyak
    @ agan: pak agan apa yg saya tau ttg LED hanya sebatas bacaan saja pak..saya juga awam mengenai hal tsb

  32. selamat siang, saya lulu.apa ya artinya jika:
    LED saya tinggi= 44,
    Hematokrit rendah sekali = 3,7 (normal 37-43),
    leukosit tinggi =13,
    batang darah = 0
    apa mungkin saya terkena penyakit yang cukup parah?
    karena saya sering merasa pegal2 di bagian leher kanan sampai bahu kanan.
    trima kasih.

  33. Siang, nama saya tri, yang mo sy ty stiap x sy cek lab. hsl LED & Lekosit sll diatas dr refrensi yg ada, knpa ya.. apa ada penyakit/ infeksi dlm tubuh sy? memang sy sering s’x skt kepala, lelesan spt g da tenaga… Mohon info nya…
    Tks.

  34. @ triasih:kalo LED dan lekosit diatas normal mungkin ada infeksi atau lainnya…lebih baik konsultasi ke dokter..apalagi disertai beberap keluhan..hasil LED kan hanya tindakan awal untuk diagnosa lebih lanjut

  35. pgii,,,
    klo laju endapan darah rendah berarti itu knapa yh??
    trus harus bagaimana supaya normal lgi,,
    khususnya untuk pria,, mksih,,

  36. pgiii,,
    klo laju endapan darah rendah berarti itu knapa yh??
    pnyebabnya ap??
    trus harus bagaimana yh spya normal lgi,,dn normalnya itu brapa??
    khususnya untuk pria,,,
    mksih,,,

  37. @ anissa,icha: maaf untuk keterangan tentang LED saya tidak tahu banyak…apa yang saya tulis itu aja yang saya tahu. terima kasih

  38. Kemarin di harian KOMPAS (3 Maret, 2011) ada artikel tentang darah kental/ LED tinggi. Obat paling ringan kalau nggak salah aspirin dosis rendah (untuk mengencerkan darah), dan tidak boleh duduk terlalu lama (> 7 jam, jadi harus banyak gerak). Penyebabnya biasanya infeksi, tapi ada kemungkinan juga karena keturunan. Wanita hamil, lansia mempunyai kecenderungan LED lebih tinggi. LED (Laju Endap Darah) = ESR (Erythrosytes? Sedimentation Rate).
    Tapi untuk lebih jelasnya, baca aja artikel tsb. Dan, konsul ke dokter.
    Saya juga penderita LED tinggi, dulu sebelum menikah 25 (dengan standard maksimum 20), tambah umur LED naik rata2 40 dan sekarang ada infeksi LED jadi 60, dan belum turun juga.
    Buat yang LED tinggi sekali, sampai 100, mungkin perlu sekali general check up, apalagi disertai misal HB turun, Leukosit tinggi, dll.
    Maaf, saya juga bukan dokter, saya hanya pemerhati kesehatan. Mudah2an sharing ini bermanfaat.

  39. @amira:terima kasih buat sharingnya,semoga dapat membantu rekan2 disini..kalo ada artikel atau tulisan yg lain dan sekiranya dpt bermanfaat bagi semua silahkan kirim ke email saya, nanti saya terbitkan dgn nama pengirim atau web referensinya.terima kasih

  40. sekedar menambahkan, LED meningkat/tinggi/dipercepat bisa karena hal fisiologis misal kehamilan, menstruasi, lansia. dan bisa juga kaarena hal patologis/penyakit misal pada infeksi, demaam, artritis, rematik, tbc dsb.
    walau begitu, LED tidak bisa berdiri sendiri untuk diagnosa penyakit tersebut diatas. KARENA LED HANYA BERSIFAT SCREANING. untuk itu diagnosa penyakit harus didukung oleh pemerisaan laboratorium yang lain .
    Allahualam .

  41. sy suka sesak napas..trs melakukan tes ekg normal ronsen bagus…tes darah smua normal kecuali LED sy 67…apakah penyakit sy knp nafas sy sering gak sampe..riwayat hidup sy perokok berat tp 5 bln yg lalu sy sudh berhenti total

  42. salam kenal. saya jg waktu itu pernah periksa darah trus hasilnya normal semua cuma LED sy tinggi dan dokter bilang itu sih ga ada pengaruhnya. dokter cuma tanya apakah sy ada gigi yg berlubang? saya jawab iya. katanya itulah penyebabnya.

  43. siang ,, mohon bantuaux..saya ibu tangga , 34 thn . 28,juli 2011. sy melakukan test dan LED melebih bts normal 43,SGOT,28.SGPT,31,,,,,apa maksud dari semua ini,,, sedangkan kata dokter ada kandungan lemak ,,, sy sendiri berat badab cuma 47kg .. bgmn bisa… thanks

  44. Selamat Pagi.
    Saya Syam. 58 thn, didiagnosis menderita Bronchitis cronis dengan gejala Kalau batuk susah sembuh, tidur berkeringat dan sesak. Hasil foto torag sbb : Pulmo : Corakan bertambah dengan infiltrat parakardial kiri. Kesan : Bronchitis cronis dengan infeksi sekunder. Kemudian dilakukan pemeriksaan Laboraturium dengan hasil sebagai berikut :

    1. HEMATOLGI LENGKAP.
    HEMOGLOBIN : 15,2
    LEKOSIT : 7.400
    HIT, JENIS BASO : -
    EOS : 2
    STAB : -
    SEG : 50
    LYM ; 40
    MONO : 8
    TROMBOSIT : 279.000
    ERITROSIT : 4.96
    HEMATOKRIT : 44,3
    LED : 45 *
    MCV : 89,3
    MCH : 30,6
    MCHC : 34,3
    RDW :12,6

    2. EOSINOPHIL : 140

    Dari semua pemeriksaan Lab diatas : LED : 45, yg jauh diatas normal.

    Pertanyaan saya :
    1. Apakah diagnosis Bronchitis cronis itu sdh tepat.?
    2. Apakah diperlukan pemeriksaan lanjutan ? perlu saya sampaikan telah dilakukan foto rongga hidung 3 posisi ( SKULL AP, SKULL LAT dan WATER’S), tapi sampai hari ini hasil belum selesai.
    3. Apakah ada kemungkinan saya menderita penyakit lain ?

    Terima kasih
    SYAM

  45. Selamat Pagi.
    Saya Syam. 58 thn, didiagnosis menderita Bronchitis cronis dengan gejala Kalau batuk susah sembuh, tidur berkeringat dan sesak. Hasil foto torag sbb : Pulmo : Corakan bertambah dengan infiltrat parakardial kiri. Kesan : Bronchitis cronis dengan infeksi sekunder. Kemudian dilakukan pemeriksaan Laboraturium dengan hasil sebagai berikut :

    1. HEMATOLOGI LENGKAP.
    HEMOGLOBIN : 15,2
    LEKOSIT : 7.400
    HIT, JENIS BASO : -
    EOS : 2
    STAB : -
    SEG : 50
    LYM ; 40
    MONO : 8
    TROMBOSIT : 279.000
    ERITROSIT : 4.96
    HEMATOKRIT : 44,3
    LED : 45 *
    MCV : 89,3
    MCH : 30,6
    MCHC : 34,3
    RDW :12,6

    2. EOSINOPHIL : 140

    Dari semua pemeriksaan Lab diatas : LED : 45, yg jauh diatas normal.

    Pertanyaan saya :
    1. Apakah diagnosis Bronchitis cronis itu sdh tepat.?
    2. Apakah diperlukan pemeriksaan lanjutan ? perlu saya sampaikan telah dilakukan foto rongga hidung 3 posisi ( SKULL AP, SKULL LAT dan WATER’S), tapi sampai hari ini hasil belum selesai.
    3. Apakah ada kemungkinan saya menderita penyakit lain ?

    Terima kasih
    SYAM

  46. Ping-balik: LAJU ENDAP DARAH (LED) = DARAH KENTAL ? « Infosehat09hartonoprasetyo's Blog

  47. berapa laju endapan darah normal pada uisa 60 tahun……………….tolong beri penjelasan yang jelas

  48. terima kasih. artikel nya sangat membantu. semoga ilmu yang kami dapat bisa bermanfaat. aminnn…

  49. terimakasih yach artikelnya sangat membantu banget kebetulan ponakanku baru aja tes LED tapi hasilnya <15,b'arti normal yach?

  50. Sekedar info utk pak Richard, ESR adalah bahasa Inggris untuk LED yaitu a Erythrocyte Sedimentation Rate (ESR) …sudah dijelaskan oleh pak Jaka di dalam tulisannya

  51. Ping-balik: LAJU ENDAP DARAH | Medical Check Up

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s