RUJAK TEPLAK

rujak-teplak2ini adalah salah satu makanan khas orang Tegal. enaknya dimakan pagi hari sebagai lauk sarapan pagi ditambah dengan tahu aci..wuihh bener bener sedapp..bahan dasarnya sangat sederhana yaitu sayur mayur seperti kangkung, daun pepaya, mentimun, pare, kol, tauge..atau  dapat ditambahkan sayuran sesuai selera. yang khas adalah sambalnya karena sambalnya dibuat dari singkong yang telah dihaluskan trus dicampur dengan adonan cabe..saya gak tau detailnya soalnya gak pernah liat cara bikin sambalnya..

inilah makanan favorit saya kalo lagi mudik..biasanya saya beli di depan Toko Busana Indah Putra. penjualnya biasa mangkal disitu dari jam 10 pagi sampe jam 2 siang karena jam segitu dagangannya sudah habis.disitu kualitas sayurannya lumayan bagus dibandingkan penjual lain..konon katanya makanan ini tercipta karena banyak pedagang sayuran yang membuang sayuran yang tidak layak jual kemudian diambil oleh orang tidak mampu kemudian sayuran tersebut dicuci lagi dan diolah lagi agar enak dimakan dan jadilah…kalo denger cerita ini tentu orang akan jijik makannya..budhe saya aja gak mau makan  soalnya sudah terdoktrin cerita ini. gak tau deh bener apa nggak yang penting yang saya makan sayurannya bagus2 dan udah bersih..kalo mikiran dari mana memperolehnya malah gak jadi makan enak..ntar gak ada orang mau makan lele juga soalnya tau sendiri kan hobinya lele makan apa.he..he..

kenapa dinamakan rujak teplak ya? saya juga kurang jelas, mungkin pada waktu mencampurkan sambal ke dalam sayuran seperti disentakan sehingga terdengar bunyi teplak..kaya orang ditampar sehingga jadilah namanya RUJAK TEPLAKrujak-teplak

4 comments on “RUJAK TEPLAK

  1. makasih Pak atas komentarnya..di Tegal istilah rujak merupakan islilah umum, tinggal ditambahi kata penjelas untuk kualifikasinya
    seperti pecel sama dengan rujak kangkung hanya saja sambalnya mentah atau langsung diuleg..ada rujak uleg yaitu bumbu kacang yang dicampur dengan buah2an terus diuleg..bukan rujak bebeg ya karena medianya beda (mirip memang)..

    kalo dibilang mirip karedok jauh Pak karena karedok sayurannya mentah dan bumbunya kacang..ini saya sukai karena bahan dasar sambalnya singkong.

  2. iya nih saya pernah belikan suami wkt pulang ke kampung halaman mertua. wadoh yg jual judes banget!!! selama di slawi saya jarang menemukan pedagang yg ramah…..rata2 ketus2,padahal saya bayar cash lho ngak utang😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s