Perbandingan Glucometer Mandiri dengan Tes Lab

begitu divonis Diabetes saya berkeinginan beli glucometer. kondisi yang masih sakit akhirnya saya minta istri untuk beliin glucometer masalah merk terserah. waktu itu saya gak ngeh merk mana yang paling bagus karena belum searching (kebiasaan saya kalo udah beli baru cari pebanding…padahal harusnya cari pebanding dulu baru putuskan yang terbaik..). akhirnya dapet juga…karena rasa penasaran apakah glucometer yang saya beli akurat apa nggak iseng2 saya coba tes sendiri kemudian tes lagi di lab.

berikut ini hasil perbandingan yang saya lakukan

menurut customer service dari merk yang saya beli tingkat toleransinya adalah < 10% kalo lebih perlu dikalibrasi ulang..beberapa merk ada yang menjadualkan kalibrasi teratur tiap 6 bulan atau sesuai kebutuhan.

perbedaan dapat terjadi karena :

  1. sample darah yang diambil informasi lengkapnya dapat dilihat di http://rumahdiabetes.com/2008/06/alat-tes-gula-darah-penting-dalam-mengontrol-diabetes/
  2. jeda waktu pengambilan darah; saya biasanya melakukan tes sendiri dulu baru ke laboratorium untuk pembanding. selang waktunya sekitar setengah jam mulai dari rumah sampe diambil darah di lab.
  3. sample darah terkontaminasi alkohol, keringat, kotoran dsb; ini terjadi biasanya pada pengambilan darah dengan glucometer mandiri. pengalaman saya ukuran tidak akurat karena telapak tangan basah krn keringat atau alkohol belum kering. kalo saya ragu2 dengan hasilnya biasanya saya ulang untuk yang kedua kalinya untuk memastikan hasilnya

semoga artikel ini dapat bermanfaat….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s